Kategori
Artikel

Mengenal Gula Halus Beserta Kegunaannya

gula halus, gula bubuk, icing sugar tokocsc
Ilustrasi Gula Halus – iStock

Gula merupakan salah satu bahan pemanis utama dalam berbagai olahan makanan dan minuman. Rasanya yang manis digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ada berbagai jenis gula mulai dari gula halus, gula pasir, gula cair, gula kastor, dll.

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang gula halus beserta kegunaannya. Yuk simak baik-baik artikel dari kami yang satu ini.

Apa Itu Gula Halus?

Gula halus merupakan gula pasir yang dihaluskan dan dicampur sedikit tepung maizena. Penggunaan tepung maizena dapat mencegah gula yang dihaluskan menggumpal saat akan disimpan lama.

Gula satu ini memiliki tekstur seperti tepung sehingga dikenal juga dengan nama gula bubuk atau gula tepung. Gula satu ini sangat populer dikalangan bakers karena dapat digunakan untuk membuat kue.

Selain digunakan sebagai pemanis, gula halus juga dapat digunakan sebagai topping, frosting, ataupun glansir pada kue kering hingga mousse.

Karena teksturnya yang halus dan lembut, gula halus dapat memberikan efek mengkilat pada kue.

Akan tetapi, tekstur gula yang halus membuat gula satu ini mudah mencair jika disimpan di tempat terlalu panas.

Baca Juga Artikel: Serba-Serbi Meses Cokelat

Fungsi Gula Halus

gula halus, gula bubuk, icing sugar tokocsc
Pie dengan Gula Halus – Roman Odintsov / Pexels

Gula halus mengandung senyawa sukrosa (gula) yang mampu memberika rasa manis pada makanan. Biasanya gula halus sangat populer di kalangan bakers karena gula satu ini menjadi bahan pembuat kue. Gula halus lebih mudah larut saat dicampur bersamaan dengan telur dan mentega.

Selain sebagai bahan campuran, gula halus juga digunakan untuk taburan beberapa jenis produk bakery seperti bolu, donat, pancake, dan sebagainya.

Gula halus juga dapat digunakan untuk campuran minuman untuk menambahkan rasa manis.

Cara Membuat Gula Halus

Selain dapat ditemui di toko-toko kue disekitar tempat tinggal kalian, gula halus juga dapat dibuat sendiri di rumah loh.

Cara membuatnya cukup sederhana karena bahan yang diperlukan hanyalah gula pasir putih dan tepung maizena saja.

Untuk rasio takarannya sendiri, perbandingannya adalah untuk setiap satu cangkir gula pasir diperlukan satu sendok tepung maizena.

Cara membuatnya tinggal blender kedua bahan tadi beberapa menit dengan blender kecepatan tinggi hingga kedua bahan tersebut tercampur rata dan juga halus.

Gula halus hasil penggilingan tadi sudah siap untuk digunakan. Jika ingin disimpan untuk pemakaian lebih lama, kalian dapat menyimpannya kedalam wadah kedap udara supaya tidak menggumpal. Hindari menyimpan pada tempat yang terlalu panas.

Nah itu dia dari kami artikel tentang Gula Halus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Salam,

Clio Surya Cemerlang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.