Kategori
Artikel

Serba-Serbi Meses Cokelat

meses, meises, cokelat, tokocsc
Meses Cokelat – Amanda Hemphill / Pexels

Masyarakat Indonesia pasti gemar memakan roti yang ditaburi dengan meses cokelat. Rasa cokelat yang enak dan kandungan susu didalamnya membuat rasa meses cokelat benar-benar disukai semua kalangan masyarakat.

Meses sering digunakan sebagai taburan roti tawar, donat, dan ada pula yang dijadikan sebagai isian kue dan roti seperti martabak manis. Selain digunakan sebagai taburan makanan, meses juga dapat dinikmati bersama dengan es krim dan aneka minuman kekinian.

Nah dari situ, kalian pasti sudah bisa menggambarkan fungsi dari meses. Di kesempatan kali ini kami akan memberikan kalian informasi seputar meses, mulai dari sejarah sampai cara penyimpanannya.

Sejarah Meses di Indonesia

Meses merupakan topping makanan yang sangat terkenal di Belanda. Pada saat Belanda melakukan penjajahan di beberapa negara di Dunia, mereka membawa dan memperkenalkan meses pada negara – negara jajahannya.

Di Belanda sendiri, topping meses disebut juga dengan nama Hagelslag. Oleh karena itu, banyak produsen meses di dunia menamai produk mereka dengan nama “Hagel”.

Lalu kenapa di Indonesia Hagelslag disebut dengan meses? Ada dua teori tentang asal muasal sebutan meses di Indonesia.

Teori pertama menyebut bahwa masyarakat Indonesia kesulitan menyebut kata Hagelslag sehingga masyarakat indonesia menyebutnya dengan meses karena dahulu meses sering dikonsumsi oleh noni – noni belanda atau disebut juga dengan meisje.

Teori kedua mengatakan bahwa nama meses diambil dari kata muisjes. Muisjes merupakan produk olahan yang sudah ada sebelum hagelslag ada. Muisjes terbuat dari biji adas manis yang berbalut gula dan pewarna, sedangkan meses terbuat dari cokelat.

Tips Memilih Meses yang Tepat

Meses memiliki begitu banyak varian yang dijual di pasaran. Mulai dari meses berwarna cokelat gelap, putih, hingga warna – warni. Jadi sebelum memilih meses mana yang tepat untuk anda gunakan, mari simak penjelasan dibawah ini.

Jenis Meses

Secara umum meses terbagi menjadi dua jenis, yaitu meses cokelat dan meses warna – warni. Akan tetapi ada juga meses dengan varian rasa unik kekinian seperti meses keju, meses matcha, meses taro, dan lain – lain.

Disini kita hanya akan membahas dua jenis meses yaitu meses cokelat dan juga meses warna – warni.

Meses Cokelat

Pada dasarnya, meses cokelat dan meses warna – warni itu sama saja, rasanya manis dan rasa cokelatnya yang dominan. Hanya saja, beberapa meses cokelat memiliki rasa yang jauh lebih milky karena kandungan susunya.

Meses Warna – warni

meses, meises, cokelat, tokocsc
Meses Warna-Warni – Tara Winstead / Pexels

Meses warna – warni memiliki dua tipe, ada yang mengandung campuran meses cokelat dan yang tanpa cokelat. Produk satu ini lebih cocok digunakan sebagai dekorasi kue atau topping berbagai produk minuman dan es krim.

Warnanya yang beragam akan mempercantik tampilan kue yang kalian buat.

Tips Menyimpan Meses

Berikut tips menyimpan meses agar tidak mudah rusak dan bisa digunakan tahan lama

  1. Agar meses tidak cepat hancur, ada baiknya anda menyimpan pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas
  2. Namun jika ingin meses tahan lebih lama anda bisa menyimpanya di dalam kulkas
  3. Setelah membuka kemasan meses, pastikan anda menutupnya dengan sangat rapat
  4. Akan lebih baik lagi jika meses yang sudah dibuka disimpan dalam wadah kedap udara

Nah itu dia dari kami tentang serba – serbi meses. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Salam,

Clio Surya Cemerlang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.