Kategori
Artikel

Mengenal Bread Improver Dobrim Dari Bakels

Ilustrasi Roti – couleur / pixabay

Dalam membuat sebuah adonan roti terkadang diperlukan Bread Improver di dalam resepnya. Tapi taukah kalian apa itu Bread Improver? Apakah bahan itu benar-benar meningkatkan kualitas roti anda? Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas apa itu Bread Improver khususnya Bread Improver dari Bakels yaitu Dobrim™.

Apa Itu Bread Improver?

Ilustrasi Roti – JillWelington / pixabay

Bread Improver atau yang dipasaran lebih dikenal dengan nama Unipan atau baker bonus merupakan bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar hasil roti bertekstur lebih lembut, fermentasi berjalan lebih cepat dan roti memiliki serat yang halus.

Bahan utama dari Bread Improver adalah Ragi. Biasanya juga terkandung emulsifier, dimana dapat membantu untuk membuat roti lebih lembut dan empuk. Selain emulsifier, terdapat juga enzim yang dapat membantu meningkatkan tekstur dan daya tahan roti, atau asam askorbat (vitamin C), yang dapat membantu meningkatkan volume roti.

Baca Juga Artikel: Mengenal Macam-macam Tepung Roti Serta Kegunaannya

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah kita dapat mengganti Bread Improver dengan ragi? Karena sama-sama mempercepat proses fermentasi. Akan tetapi, banyak resep yang malahan menggunakan kedua bahan tersebut dalam pembuatanya. Enzim dan asam askorbat yang terkandung dalam Bread Improver dapat membantu ragi untuk lebih aktif dan mencapai tingkat mengembang yang maksimal

Bread Improver Bakels Dobrim™ Bakels

Dobrim merupakan salah satu produk Bread Improver dari Bakels. Pada mulanya produk Bakels di distribusikan di Indonesia melalui PD Hero. Setelah itu PT Bakels Indonesia Hadir yang merupakan perwakilan langsung dari Bakels Group untuk mendukung distribusi yang sudah dilakukan PD Hero dan juga untuk meningkatkan jumlah variasi produk yang hadir di Indonesia.

Salah satu produk Bread Improver andalan dari Bakels adalah Dobrim™ 500 yang direkomendasikan untuk mixing dengan tangan maupun mesin pada adonan  no time dough.

Baca Juga Artikel: Kelebihan dan Kekurangan Minyak Goreng Padat

Selain Dobrim™ 500 ada juga varian lain dari Dobrim seperti Dobrim™ 1000, 2000, 3000, dan juga Quantum Universal.

Bakels Dobrim™ 1000 biasanya diaplikasikan untuk tipe roti ekonomis. Bread Improver satu ini berbentuk bubuk  wheat-based yang akan membuat hasil roti menjadi lebih lembut dengan tekstur dan volume lebih besar.

Ada juga varian Bakels Dobrim™ 2000 yang merupakan Bread Improver berbentuk bubuk yang cocok digunakan untuk semua tipe roti. Dapat meningkatkan tekstur dan tingkat kelembutan roti menjadi lebih baik dengan volume yang besar. Selain itu juga berfungsi sebagai anti staling sampai 4 hari.

Varian Bakels Dobrim™ 3000 sebenarnya mirip dengan varian 2000, bedanya hanya pada anti staling pada Dobrim™ 3000 yang mencapai 7 hari.

Nah yang terakhir ada Bakels Quantum Universal yang dimana Bread Improver ini berbentuk bubuk Soy-Based yang cocok diaplikasikan  ke segala jenis dan tipe roti. Hasil yang didapat nanti setelah mengaplikasikan produk ini adalah roti menjadi lebih lembut dengan volume yang lebih besar.

Nah sekian dari kami artikel tentang Bread Improver Dobrim dari Bakels. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Salam,

Clio Surya Cemerlang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.