Kategori
Artikel

Fakta Cokelat Putih Yang Ternyata Bukan Cokelat

white chocolate, coklat putih - tokocsc
Coklat Putih/White Chocolate – Freepik

Siapa sih yang tidak pernah makan cokelat? Makanan berwarna cokelat gelap dengan rasa pahit manis yang pas ini dapat membuat mood setiap orang yang mengonsumsinya menjadi senang. Nah ada satu lagi nih cokelat yang berwarna putih padahal cokelat pada umumnya mempunyai warna cokelat gelap.

Nah mari kita bahas fakta mengenai cokelat putih yang katanya ternyata bukan cokelat sungguhan loh…

Cokelat Putih Bukanlah Cokelat

Meskipun terdapat kata cokelat pada cokelat putih, itu bukanlah termasuk golongan cokelat yang sebenarnya. Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) untuk bisa dikatakan sebagai cokelat, suatu produk harus mengandung cairan cokelat yang memberikan rasa cokelat dan memiliki warna gelap seperti cokelat.

Dalam proses produksi cokelat mengahasilkan salah satu bahan utama untuk membuat cokelat putih, yaitu Cocoa Butter.

Proses Pembuatan Cokelat

proses pembuatan cokelat-tokocsc
Biji Cocoa – Getty Images

Dalam Produksi sebuah produk cokelat memang sedikit rumit. Cokelat sendiri dihasilkan dari biji yang ada di dalam buah kakao.

Ketika buah kakao berwarna kekuningan dan sudah matang, buah kakao dipanen dan diambil bijinya. Kemudian di fermentasi selama seminggu lalu di keringkan.

Biji yang sudah kering kemudian di kirim ke pabrik untuk di produksi menjadi cokelat.

Pada tahap produksi, biji kakao dipanggang lalu diproses untuk memisahkan bagian luar dari bijinya sehingga menghasilkan cocoa nibs.

Cocoa Nibs tadi lalu dihancurkan untuk mendapatkan Cairan Cokelat.

Cairan Cokelat yang didapat kemudian dipisahkan lagi menjadi dua produk yang disebut sebagai Cocoa Solid dan Cocoa Butter.

Cocoa Solid yang memberikan rasa enak pada cokelat sedangkan Cocoa Butter adalah lemak yang membuat cokelat terasa meleleh dan lumer dimulut.

Berbeda dengan Cocoa Solid, Cocoa Butter tidak memiliki rasa enak seperti cokeat karena bukan merupakan cokelat.

Cocoa Butter inilah yang menjadi bahan utama pembuatan cokelat putih. Karena rasanya yang tidak enak, maka diperlukan campuran bahan lain agar membuat rasanya manis.

Biasanya, Cokelat putih dibuat dengan menggunakan campuran cocoa butter, susu, lemak susu, gula, lecithin (emulsifier), dan terkadan perisa vanilla.

Baca Juga Artikel: Mengenal Sistem Keamanan Pangan Tertinggi di Dunia FSSC 22000

Warna Sebenarnya Bukanlah Putih

Warna Asli cokelat putih bukanlah putih, melainkan berwarna kuning gading seperti cocoa butter. Yang membuat cokelat putih berwarna putih adalah kandungan bahan-bahan lainnya seperti susu.

Cokelat Putih Merupakan Produk Baru

Cokelat telah ditemukan selama lebih dari 200 tahun yang lalu, akan tetapi cokelat putih baru pertama kali ada di Eropa selama perang dunia I. Perusahaan Nestle pertama kali memperkenalkan cokelat putih di amerika serikat pada tahun 1930-an.

Kandungan Antioksidan Yang Tidak Sama Dengan Cokelat Gelap

Dark Chocolate terkenal memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, namun hal ini tidak berlaku pada cokelat putih. Hal ini dikarenakan cokelat putih terbuat dari cocoa butter dimana kandungan antioksidan yang tinggi hanya ada di cocoa solid.

Nah itu dia artikel dari kami tentang Cokelat Putih. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di tokocsc.

Salam,

Clio Surya Cemerlang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.