Kategori
Artikel

Mengenal Sistem Keamanan Pangan Tertinggi di Dunia FSSC 22000

Ilustrasi Produksi Bahan Makanan – istock

Di era global seperti sekarang diperlukan sebuah sistem kemanan pangan terbaik. Dari situlah kita menemukan produk bahan makanan yang terkadang bertuliskan logo FSSC 22000.

Bagi konsumen yang belum mengetahui apa arti dibalik logo tersebut akan kami bahas disini.

Apa yang dimaksud dengan FSSC 22000?

Sistem keamanan pangan fssc 22000 - tokocsc
FSSC 22000 Logo

Kebutuhan akan keamanan pangan internasional dan untuk melindungi masyarakat akan adanya bahaya pangan yang muncul membuat pentingnya sebuah sertifkasi. Untuk itulah tercipta ISO 22000 untuk menyediakan semua jenis organisasi yang berhubungan dengan rantai makanan untuk mengimplementasikan sistem manajemen makanan. Mulai dari produsen pakan, produsen primer, produsen makanan, transportasi, dan operator penyimpanan, subkontraktor hingga retail dan outlet layanan makanan. Selain itu organisasi terkait seperti produsen alat-alat, bahan kemasan, bahan pembersih, zat aditif dan bahan-bahan makanan juga terlibat.

FSSC 22000:2011 merupakan bentuk sertifikasi sistem manajemen keamanan pangan baru yang berdasarkan standar ISO 22000 yang sudah ada dan sudah diakui internasional.

Sertifikasi FSSC dikelola oleh yayasan sertifikasi keamanan pangan yang berbasis di Belanda. Dirilis pada 15 mei 2009 dan diprakarsai oleh Badan Keamanan Pangan Dunia yaitu The Global Food Safety Initiative (GFSI).

Baca Juga Artikel: Baking Syrup, Pengganti Gula Untuk Produk Bakery

Perbedaan FSSC Dengan Sistem Keamanan Pangan Yang Lain

Perbedaan FSSC dengan sistem keamanan pangan lainnya terletak pada seberapa ketat pemeriksaan dan jumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin memperoleh sertifikasi tersebut. Untuk sertifikasi ISO 22000 dan HACCP yang menjadi syarat masih  terfokus hanya pada proses keamanan dalam pembuatan produknya saja.

Sementara untuk FSSC 22000, ada serangkaian persyaratan tambahan. Seperti menguji komitmen perusahaan dalam menjaga keamanan produknya dan juga menguji cara perusahaan mengidentifikasi adanya pemalsuan produk.

Pentingnya Sertifikasi FSSC 22000 Untuk Industri Pangan

Setiap negara di dunia tentu memiliki standar keamanan pangan yang berbeda-beda. Ada negara yang hanya menetapkan HACCP sebagai standar mereka, adapula ISO 22000.

Akan tetapi, sebagai skema sertifikasi dengan tingkat keamanan tertinggi yang diakui internasional, perusahaan yang sudah mengantongi sertifikasi FSSC 22000 tentu memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah mereka lebih bebas mengekspor produk mereka ke berbagai negara di dunia.

Cara Mendapatkan Sertifikasi FSSC 22000

Bagi para produsen yang sudah mengantongi sertifikasi ISO 22000:2005 dan ingin mendapat sertifikat FSSC 22000:2011 hanya membutuhkan validasi sertifikasi dan review tambahan ISO/TS 22002-1:2009.

Nah itu dia artikel dari kami tentang Sistem Keamanan Pangan FSSC 22000. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di tokocsc.

Salam,

Clio Surya Cemerlang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.