Kategori
Artikel

Perbedaan Tepung Roti dan Panir (Bread Crumbs)

penjelasan tentang perbedaan tepung roti, tepung panir, breadcrumbs dan juga panko

Masyarakat banyak mengenal tepung roti (Bread Crumbs), tepung panir, dan panko. Sekilas tepung roti (Bread Crumbs), tepung panir dan panko memang mirip. Tetapi perbedaan tepung roti dan Panir (Bread crumbs) biasanya terdapat pada tekstur, ukuran, dan warna. Tepung roti (Bread Crumbs) atau tepung panir yang kita kenal juga dengan nama panko adalah sejenis tepung yang terbuat dari roti kering yang melalui proses penghalusan. Tepung ini gunanya untuk memberikan lapisan luar yang renyah pada makanan. Olahan dari tepung roti (Bread Crumbs), tepung panir maupun panko berbeda-beda, begitu juga tampilannya.

Tepung Roti / Panir Breadcrumbs Primera Panko

Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir

Tepung Roti (Bread Crumbs) terbuat dari roti tanpa kulit yang melalui proses penggilingan menjadi butiran roti kecil seperti remah. Memiliki ukuran remah yang lebih besar dan juga lebih kasar dari tepung panir. Mencari tepung roti sangat mudah karena tepung roti (Bread Crumbs) banyak beredar, akan tetapi kita bisa membuat tepung roti itu sendiri dengan cukup mudah karena umumnya terbuat dari roti tawar kering.

Tepung roti yang memiliki nama lain bread crumbs biasanya kita gunakan untuk makanan yang membutuhkan tekstur renyah di lapisan luar seperti tempura, daging, dll.

Tepung Panir sekilas mirip dengan tepung roti karena bahan baku untuk membuat tepung panir yaitu roti yang sudah dikeringkan. Akan tetapi, dalam membuat tepung panir menggunakan bahan baku roti yang memiliki pinggiran. Roti yang sudah dikeringkan kemudian digiling menjadi remahan yang lebih kecil dari tepung roti (Bread Crumbs).

TEPUNG ROTI atau TEPUNG PANIR (BREAD CRUMBS) memiliki beberapa jenis – jenis yang berbeda dari segi tekstur dan warnanya sehingga tepung roti (bread crumbs) dan tepung panir memiliki perbedaan dalam kegunaanya.

Jenis-Jenis Tepung Roti

Tepung Roti Breadcrumbs Putih Primera Panko

Jenis-jenis Tepung Roti (Bread Crumbs) adalah sebagai berikut :

Tepung Roti Putih Basah

Fungsinya sebagai campuran isian ayam atau daging gulung, mengentalkan adonan puding, cake atau saus yang bercita rasa manis. Cara membuatnya : cabik2 roti (bukan yang kering) lalu proses dengan food processor sampai halus. Segera olah menjadi masakan. Tepung roti varian ini memiliki tekstur lembut.

Tepung Roti Putih Kering

Memasak ikan, ayam, daging atau sayuran sebaiknya menggunakan tepung roti varian ini. Menciptakan tekstur renyah pada lapisan luar ikan, ayam, daging dan sayuran. Cara membuatnya: letakkan roti tanpa kulit pada loyang datar selembar-selembar lalu jemur di bawah matahari sampai kering atau panggang dengan suhu 120° hingga kering tapi tidak kecoklatan. Lalu haluskan dengan food processor atau dengan cara memarkan di dalam kantung plastik. Tepung Roti yang sudah jadi dapat bertahan 1 bulan dalam wadah kedap udara.

Tepung Roti Coklat Kering

Biasanya digunakan untuk taburan masakan panggang, tepung roti coklat kering cocok digunakan untuk masakan seperti potato gratin atau untuk risoles dan kroket. Cara membuatnya: sama seperti membuat tepung roti putih kering. hanya saja suhunya lebih panas hingga roti berwarna kecoklatan sehingga nantinya tepung roti bewarna kecoklatan.

Tepung Roti Panko

Memiliki nama lain Panko Flour, tepung roti panko memiliki tekstur yang lebih kasar dari tepung roti biasa, ada yang berwarna kuning keemasan, juga putih. Makanan Jepang seperti Katsu atau Tempura biasanya menggunakan tepung varian ini. Rasanya lebih garing dan renyah. Meskipun banyak makanan asia menggunakan tepung ini, tepung roti panko telah mendapatkan popularitas dalam masakan Barat juga, misalnya baik sebagai topping untuk Eggplant Parmesan.

Nah sekian dari kami sedikit info tentang Cara Menggoreng Makanan Berbalut Tepung Roti Atau Panir Yang Benar. Semoga info ini bermanfaat untuk masyarakat luas. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Salam,

Nah sekian dari kami sedikit info tentang Perbedaan Tepung Roti dan Panir (Bread Crumbs). Semoga info ini bermanfaat untuk masyarakat luas. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

tokocsc

Satu tanggapan untuk “Perbedaan Tepung Roti dan Panir (Bread Crumbs)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.